Skip to content
Ridho Aqiqah Jogja » Aqiqah » Pertanyaan Dokter Seputar Kehamilan

Pertanyaan Dokter Seputar Kehamilan

Sebelum membahas perihal Pertanyaan Dokter Seputar Kehamilan simak penjelasan berikut ini Dokter kandungan Ibu harus memberi tahu Ibu mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai persalinan.

Baca Juga: Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik di Indonesia

1. Pertanyaan Dokter Seputar Kehamilan Obat OTC apa yang nyaman buat disantap?

Bunda bisa jadi membutuhkan sebagian tipe obat tanpa formula sepanjang kehamilan, apakah itu buat meredakan sakit kepala ataupun sakit maag yang parah. Tetapi Bunda wajib konsultasi terlebih dulu dengan dokter isi yang menanggulangi Bunda buat membagikan catatan obat- obatan OTC yang direkomendasikan serta nyaman buat disantap sepanjang masa kehamilan. Dokter. Kristina Mixer, Meter. D., OB- GYN dari Spectrum Health United Hospital di Greenville, Amerika Serikat, berkata kalau umumnya dokter isi hendak merekomendasikan obat- obat semacam di dasar ini:

Acetaminophen( Tylenol) buat sakit kepala ataupun demam

Vit B6& doxylamine( Unisom) ataupun Diclegis buat mual ataupun muntah

Chlorpheniramine serta tripelennamine buat indikasi pilek dan alergi

Suplemen serat buat sembelit

Saline nasal spray buat alergi

2. Apakah tidak apa- apa apabila merasa kram ataupun terdapat bercak darah?

Bagi Dokter. Kristina Mixer, terbentuknya kram ataupun bercak darah merupakan perihal yang wajar pada trimester awal, selaku proses implan telur yang dibuahi serta mulai berkembang di dalam rahim. Tetapi bila Bunda hadapi kram ataupun pendarahan selalu, Bunda wajib lekas menghubungi dokter isi yang menanggulangi Bunda, sebab itu dapat jadi ciri peradangan Miss V ataupun rahim ataupun suatu yang lebih sungguh- sungguh semacam kehamilan ektopik.

3. Berapa berat tubuh bakal anak yang wajar dikala masa kehamilan?

Berat tubuh bakal anak wajar sepanjang kehamilan umumnya didetetapkan dengan memakai indeks massa badan( BMI) pra- kehamilan yang dihitung bersumber pada berat serta besar tubuh. Dokter isi Bunda wajib berikan Bunda rentang peningkatan pada trimester serta melaksanakan pengecekan tiap kali pertemuan dan membenarkan Bunda senantiasa terletak di jalan yang pas. Namun berikut ini Bunda dapat memandang rincian peningkatan berat tubuh bersumber pada BMI:

<18, 5: 12 sampai 18 kg

18, 5 to 24, 9: 11 sampai 16 kg

25, 0 to 29, 9: 7 sampai 11 kg

≥30: 5 sampai 9 kg

Apabila Bunda mempunyai anak kembar, hingga sasaran peningkatan berat tubuh mungkin hendak berganti. Dikala ini, Institute of Medicine, Amerika Serikat merekomendasikan peningkatan berat tubuh buat Bunda bersumber pada BMI selaku berikut:

18, 5 to 24, 9: 17 sampai 24 kg

26 and 30: 14 sampai 23 kg

≥30: 11 sampai 19 kg

Mereka pula berkata kalau kehamilan tiap orang hendak nampak berbeda serta itu hendak mempengaruhi akumulasi berat tubuh. Bila Bunda mempunyai Pertanyaan Seputar Kehamilan, jangan ragu buat menanyakannya secara perinci kepada dokter isi yang menanggulangi Bunda supaya bisa membenarkan Bunda memperoleh berat tubuh bakal anak yang sehat.

4. Berolahraga apa yang baik sepanjang masa kehamilan?

Senantiasa aktif sepanjang kehamilan hendak membuat Bunda serta sang Kecil senantiasa sehat dan bisa menolong buat kurangi indikasi kehamilan mulai dari retensi air sampai kecemasan. Bagi Dokter. Mixer, berolahraga yang nyaman sepanjang masa kehamilan merupakan berjalan, berenang, yoga dan latihan kekuatan. Bila Bunda merupakan seorang yang tertib olahraga tertentu saat sebelum berbadan dua, mungkin Bunda senantiasa bisa melanjutkan berolahraga sepanjang kehamilan, tetapi Bunda hendaknya senantiasa bertanya kepada dokter isi terlebih dulu saat sebelum melaksanakan berolahraga tersebut.

Secara universal, Bunda wajib sedikit ekstra hati- hati, hindarkanlah latihan yang sangat berat, semacam angkat beban serta pula yang bisa menimbulkan kehilangan cairan tubuh dan panas berlebih semacam bikram yoga.

5. Vaksinasi semacam apa yang wajib didapatkan serta kapan waktunya?

Bagi Dokter. Mixer terdapat 2 tipe vaksin wajib dipunyai sepanjang kehamilan, ialah:

Vaksin Tdap buat berusia, vaksin ini direkomendasikan buat tiap Bunda berbadan dua di trimester ketiga, waktunya antara dekat pekan ke- 27 serta pula ke- 36. Itu sebab sang Kecil yang sangat muda rentan terhadap batuk rejan, ialah penyakit respirasi meluas yang bisa menimbulkan pneumonia sampai kematian. Sang Kecil cuma bisa menerima sendiri dosis vaksin ini pada umur 2 bulan. Dengan memperoleh vaksinasi sepanjang kehamilan, Bunda berarti menolong buat membagikan imunitas pada sang Kecil.

Vaksin influenza, buat virus musiman universal serta H1N1, sebab sistem imunitas badan Bunda lebih lemah serta sangat rentan terhadap penyakit ini sepanjang kehamilan.

6. Berapa lama Bunda bisa bekerja dikala berbadan dua?

Seluruh ini bergantung dari watak pekerjaan Bunda, bila Bunda mempunyai pekerjaan berat yang memakai raga ataupun jarak yang sangat jauh sehingga bisa membuat Bunda letih, hingga hendaknya Bunda mengambil cuti kehamilan buat melindungi keselamatan Bunda serta pula sang Kecil. Konsultasikan apa pekerjaan Bunda kepada dokter isi serta jelaskan apa yang Bunda rasakan.

7. Bisakah meninjau rencana kelahiran?

Meninjau rencana kelahiran dengan dokter isi Bunda saat sebelum persalinan hendak membagikan peluang buat mangulas ekspektasi( paling utama bila Bunda mempunyai kehamilan berbahaya besar, dimana Bunda bisa jadi memiliki lebih banyak pembatasan sepanjang kelahiran supaya senantiasa nyaman) serta meninjau kekhawatiran yang Bunda rasakan, biar dokter Bunda bisa membagikan pemecahan yang terbaik lewat pengalaman yang dia miliki.

8. Apa yang wajib Bunda harapkan sepanjang proses persalinan?

Proses persalinan sangat bermacam- macam serta itu bergantung pada tempat dimana Bunda melahirkan, apakah itu di rumah sakit, klinik persalinan ataupun di rumah. Perawat ataupun penyedia layanan hendak melaksanakan pengecekan serviks secara berkala buat memastikan dilatasi serta penipisan serviks. Mereka pula bisa merekomendasikan intervensi buat keselamatan Bunda serta pula sang Kecil, tercantum infus, pemantauan bakal anak elektronik, opsi manajemen perih( semacam epidural) kala Bunda betul- betul membutuhkannya. Konsultasikan dengan dokter isi Bunda supaya bisa merancang opsi yang ada buat Bunda supaya bisa lewat bermacam sesi persalinan dengan baik.

9. Siapa yang hendak melahirkan balita aku?

Siapa yang kesimpulannya bawa sang Kecil ke dunia bergantung pada aplikasi dokter rumah sakit ataupun tempat persalinan Bunda. Sebagian tempat mempunyai beberapa dokter isi yang siap dipanggil serta Bunda hendak memperoleh siapapun dokter yang ada pada dikala itu buat menolong Bunda melahirkan. Ataupun dalam aplikasi lain, Bunda hendak senantiasa bersama dokter isi yang biasa menanggulangi Bunda sendiri. Jadi yakinkan buat bertanya gimana metode kerja serta prosedurnya, apakah dokter isi yang biasa menanggulangi Bunda ataupun dokter yang lain? Bunda hendaknya menanyakan perihal itu secara perinci.

10. Apakah mungkin Bunda memerlukan pembedahan caesar?

Ini merupakan Pertanyaan Seputar Kehamilan yang berarti buat ditanyakan kepada dokter isi Bunda, paling utama bila Bunda mengharapkan kelahiran natural serta jawaban dari dokter isi juga bermacam- macam. Tetapi, Dokter. Mixer sudah mencatat aspek efek universal buat pembedahan caesar, ialah meliputi:

Tingkatan kegemukan ibu

Diabet gestasional

Gejala makrosomia( sang Kecil lebih besar dari berat rata- rata wajar)

Kehamilan post- term( melewati bertepatan pada jatuh tempo Bunda)

Persalinan caesar sebelumnya

Umur lanjut( misalkan Bunda berumur 35 tahun ataupun lebih)

11. Sokongan apa yang dapat Bunda miliki bila Bunda mau menyusui?

Menyusui tidak senantiasa gampang, hingga dari itu Bunda dapat bertanya sokongan apa yang dapat Bunda miliki kala proses tersebut terjalin, sebab beberapa aplikasi mendesak serta menunjang Bunda dan sang Kecil dalam proses menyusui, sehingga Bunda bisa melaksanakan konsultasi menimpa pompa buah dada yang cocok serta hal- hal yang lain.

12. Apa saja yang wajib dikenal bila Bunda mau VBAC?

Bila Bunda sempat melahirkan anak tadinya lewat bedah caesar, hingga Bunda bisa jadi sempat mendengar kalau kelahiran wajar( VBAC) buat kehamilan selanjutnya susah buat dicoba. Tetapi Bunda jangan takut sebab bagi Karen Deighan, Meter. D., associate professor obstetrics and gynecology, dari Universitas Loyola, di Chicago, Amerika Serikat, melaporkan kalau 60 sampai 80 persen perempuan berbadan dua sukses melaksanakan persalinan wajar sehabis persalinan caesar tadinya. Tetapi, Bunda hendaknya membenarkan kalau rumah sakit tempat Bunda melahirkan mempunyai langkah- langkah buat VBAC secara nyaman. Ini tercantum regu obstetri serta anestesi 24 jam di rumah, dan keahlian buat melaksanakan bedah caesar darurat bila dibutuhkan dengan sangat kilat. Tidak seluruh orang ialah kandidat baik buat VBAC, hingga dari itu Bunda harus buat melaksanakan konsultasi dengan dokter isi Bunda tadinya, apakah VBAC sesuai ataupun tidak buat Bunda.

13. Gimana dengan obat formula yang bisa jadi Bunda pakai( semacam antidepresan)?

Ini ialah subjek yang wajib Bunda bahas bersama dengan dokter isi Bunda. Kemudian yakinkan kalau Bunda tidak menyudahi minum obat tanpa berdialog dengan dokter terlebih dulu. Rencana terbaik merupakan menemui dokter isi yang biasa menanggulangi Bunda saat sebelum kehamilan buat meninjau seluruh keadaan kedokteran serta obat- obatan Bunda dikala ini. Sehabis itu, barulah Bunda memutuskan apakah masuk ide buat melanjutkan penyembuhan dikala ini ataupun bergeser ke obat yang berbeda, ataupun apalagi berupaya rencana perawatan yang berbeda sama sekali. Itu seluruh bergantung pada permasalahan yang Bunda hadapi, Bunda bisa jadi hendak dirujuk ke spesialis medis Bunda serta bakal anak.

14. Apa yang wajib dikenal menimpa produk perawatan kulit ataupun kecantikan sepanjang kehamilan?

Itu seluruh bergantung keadaan dari Bunda, bila rutinitas kecantikan Bunda mencakup produk formula, paling utama yang memiliki retinol ataupun isotretinoin( Accutane) semacam vit A ataupun Retin A, Bunda wajib melaksanakan konsultasi kepada dokter isi sebab perihal ini bisa tingkatkan efek cacat lahir.

Bunda pula hendaknya menjauhi eksperimen buat berupaya produk baru, sebab kulit Bunda sepanjang masa kehamilan hendak lebih sensitif dari umumnya. Salah satu Kerutinan kecantikan yang dapat dipertahankan bagi para pakar merupakan memberi warna rambut, tetapi Bunda wajib menunggu melaksanakannya sampai trimester kedua.

15. Apa saja santapan yang boleh dimakan serta pula dihindari?

Santapan yang boleh dimakan oleh Bunda merupakan sayur- mayur, buah, protein tanpa lemak yang memiliki gizi besar. Bunda wajib menjauhi ikan mentah ataupun ikan yang memiliki merkuri besar, keju lunak, dan susu serta juice yang tidak dipasteurisasi.

16. Pertanyaan Seputar Kehamilan, Apa saja indikasi kehamilan yang wajar serta apa saja yang darurat?

Jawaban buat Pertanyaan Seputar Kehamilan ini bisa bermacam- macam, itu bergantung pada seberapa jauh keadaan Bunda. Pada trimester awal, mual serta muntah sesekali merupakan wajar serta keletihan ekstrim dan perih pada buah dada juga kerap terjalin, serta pada sebagian perempuan berbadan dua pula ada beberapa kecil bercak darah. Tetapi, bila terjalin pendarahan ataupun kram yang kelewatan hingga Bunda wajib lekas menghubungi dokter isi Bunda.

Pada trimester kedua, Bunda bisa jadi mulai hadapi tekanan panggul ataupun peregangan perut bagian dasar. Perihal ini wajar, namun wajib dibedakan dari persalinan prematur. Tetapi, bila Bunda seketika hadapi tekanan ataupun perih panggul yang parah, pendarahan ataupun kenaikan keputihan, lekas mendatangi dokter isi Bunda.

Kemudian pada trimester ketiga, sangat universal buat Bunda hadapi kontraksi uterus serta tekanan panggul sesekali, kemudian Bunda pula hendak merasakan keletihan. Sehabis itu dikala Bunda mendekati bertepatan pada jatuh tempo, Bunda wajib berjaga- jaga terhadap isyarat persalinan, yang meliputi kontraksi, ketuban rusak, serta keluarnya darah( hilangnya sumbat lendir Bunda yang kerapkali ialah penanda bagus kalau persalinan telah dekat).

Demikian penjelasan kami terkait Pertanyaan Seputar Kehamilan.

Baca Juga: Bagaimana ciri-ciri kambing yang boleh disembelih untuk aqiqah?