Skip to content
Ridho Aqiqah Jogja » tips ibu hamil » Persiapan Melahirkan saat Pandemi COVID-19

Persiapan Melahirkan saat Pandemi COVID-19

Persiapan Melahirkan saat Pandemi COVID-19

Memerlukan persiapan matang guna melahirkan saat pandemi COVID-19, Bila bunda sebentar lagi bakal melahirkan. Ketahui dulu hal-hal apa saja yang harus bunda kerjakan dan persiapkan sebelum persalinan, baik secara normal maupun operasi caesar.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengaku bahwa seluruh ibu hamil, tergolong yang terinfeksi atau dicurigai terinfeksi COVID-19. Berhak mendapatkan perawatan dengan kualitas yang baik sebelum, selama, dan sesudah melahirkan.

Jadi, perlu diingat bahwa ibu hamil yang akan melahirkan di tengah pandemi COVID-19 ini berhak untuk:

  • Mendapatkan perlakuan yang hormat dan bermartabat.
  • Ditemani ketika melahirkan.
  • Mendapatkan informasi yang jelas tentang kehamilan atau proses persalinan dari dokter atau bidan yang merawatnya.
  • Mendapatkan penyembuhan yang cocok kebutuhannya.
  • Mendapatkan rujukan andai diperlukan.
  • Menentukan pilihan berhubungan kehamilannya.

Ini Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi COVID-19
Guna mempersiapkan diri untuk Melahirkan di tengah pandemi COVID-19, ada sejumlah hal yang urgen untuk Bunda ketahui, yaitu:

Proteksi diri
Kehamilan secara alami mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih rentan terpapar infeksi, tergolong infeksi virus Corona. Di samping itu, sekian banyak  perubahan di dalam tubuh yang terjadi semasa kehamilan pun membuat ibu hamil bisa mengalami fenomena yang lebih berat bila terpapar COVID-19.

Penting sekali untuk bunda untuk persiapan tindakan pencegahan, di antaranya dengan:

  • Mencuci tangan sesering mungkin memakai air dan sabun atau hand sanitizer yang kadar alkoholnya paling tidak 60%
  • Tidak terbit rumah dulu, kecuali bila ada kebutuhan mendesak, dan tidak bepergian ke lokasi yang ramai
  • Melakukan physical distancing, yaitu mengawal jarak minimal 1 meter dari orang lain, ketika berada di luar rumah
  • Menggunakan masker kain bila berkeinginan keluar rumah
  • Menghindari kontak dengan orang sakit
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut andai belum membasuh tangan
  • Menerapkan etika batuk dan bersin

Di samping itu, jaga daya tahan tubuh, mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, dan istirahat cukup. Minumlah suplemen kehamilan cocok anjuran dokter dan tidak boleh lupa periksakan kehamilan ke dokter cocok jadwal yang ditentukan.

Persiapan Memilih lokasi melahirkan

Pilihan lokasi melahirkan, baik tersebut di rumah, klinik, atau lokasi tinggal sakit, pun perlu bunda pikirkan baik-baik dengan mempertimbangkan risiko dan manfaatnya. Diskusikanlah dulu urusan ini dengan dokter.

Bila bunda hendak melahirkan di klinik atau di rumah, pastikan terdapat ambulans atau kendaraan yang dapat mencapai tempat bunda bersalin. Hal ini guna berjaga-jaga bila bunda mesti segera dirujuk ke lokasi tinggal sakit.

Persiapan Metode melahirkan

Bunda dilepaskan untuk memilih cara persalinan, apakah akan mencetuskan normal atau dengan operasi caesar. Namun, opsi ini tetap mesti dicocokkan dengan situasi kehamilan bunda . Dokter kandungan atau bidan akan menyerahkan anjuran mengenai teknik melahirkan yang terbaik untuk bunda.

Operasi caesar seringkali hanya diharuskan pada situasi tertentu, contohnya infeksi herpes genital atau HIV pada ibu hamil, kehamilan dengan plasenta previa, atau kehamilan dengan posisi janin yang tidak normal.

Penanganan khusus untuk ibu hamil dengan COVID-19

Bila Bunda menikmati gejala-gejala COVID-19, laksana demam, batuk, dan sesak napas, segera kerjakan isolasi berdikari dan hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 guna mendapatkan arahan lebih lanjut.

Ibu hamil dengan COVID-19 tetap dapat bebas memilih metode mencetuskan yang bakal dijalaninya, tetapi harus dirujuk ke lokasi tinggal sakit rujukan COVID-19 terdekat guna menjalani isolasi dan diserahkan penanganan khusus, baik tersebut menjelang persalinan, ketika proses persalinan, maupun sesudah bayinya lahir.

Baca Juga: Jasa Aqiqah Jogja Enak
Sewa dekor aqiqah jogja