Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran Anak

Sebelum membahas Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran simak penjelasan berikut. Kelahiran anggota baru dalam keluarga, jadi sumber kebahagiaan untuk orang tuanya. Anak jadi tumpuan harapan serta doa orang tua supaya berkembang jadi individu yang saleh serta saleha.

Dalam Islam dikala balita lahir pasti memerlukan penindakan secara pas sebab dapat saja perihal itu pengaruhi nanti besarnya sang balita kecil mungil itu. Sebab itu, jadi keharusan untuk tiap orang tua buat mengenali apa yang wajib dicoba terlebih pada dikala menyongsong kelahiran si anak.

Baca Juga: Harga Aqiqah Jogja September 2021

Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran

Terdapat sebagian sunnah yang sangat disarankan dicoba oleh Rasulullah SAW dikala menyongsong kedatangan anak. Berikut, sebagian sunnah Rasulullah yang disarikan dari sebagian sumber serta dalil yang shahih, ialah:

1. Mentahnik balita dengan kurma

Dikala ini, tidak banyak orang tua yang menguasai kalau tahnik merupakan sunnah Nabi yang sangat disarankan dikala balita baru lahir. Tahnik merupakan memasukkan kunyahan/ lumatan buah kurma ke dalam mulut balita yang baru lahir serta menggosokkannya dengan lembut di langit- langit mulut balita hingga segala bagian dari mulut balita tersebut terolesi dengan sari buah kurma. Bila kurma susah buat didapat, boleh ditukar dengan sari kurma yang telah jadi ataupun madu.

Apakah tidak bahaya untuk balita? Balita yang baru lahir paling utama balita yang lahir prematur ataupun balita dengan berat lahir kurang, mempunyai isi glukosa yang sangat kecil dalam darahnya( biasanya cuma di dasar 30mg per 100 ml darah). Bila kekurangan zat gula ini tidak lekas dipadati, umumnya balita hendak gampang menolak ASI ibunya, otot- ototnya lemas, kendala syaraf, apalagi berujung pada kematian. Umumnya, dokter hendak membagikan bonus zat gula pada balita baru lahir yang kurang berat tubuhnya ataupun prematur mellaui infus ataupun langsung lewat mulut.

Serta kurma merupakan penghasil glukosa yang sangat baik serta bagus buat kesehatan balita. Mentahnik balita dengan kurma bisa menguatkan otot- otot mulut balita sehingga balita hendak kokoh menyusu pada ibunya. Serta kala balita kokoh menyusu, hingga insya Allah ASI hendak jadi mudah serta berlimpah.

Dalil-dalil disunnahkannya mentahnik bayi :

Dari Abu Burdah dari Abu Musa ia berkata: “Telah lahir anakku, lalu aku membawanya dan mendatangi Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau memberinya nama Ibrahim dan kemudian men-tahnik-nya dengan kurma.” Imam Bukhari menambahkan: “dan beliau mendoakan kebaikan dan memdoakan keberkahan baginya, lalu menyerahkan kembali kepadaku.” (HR. Bukhari & Muslim)

Dari Asma’ binti Abu Bakar, ia berkata bahwa dirinya ketika sedang mengandung Abdullah bin Zubair di Mekkah : “Aku keluar dan aku sempurna hamilku 9 bulan, lalu aku datang ke Madinah, kemudian aku turun di Quba’ dan aku melahirkan di sana, lalu aku pun mendatangi Rasulullah, maka Rasulullah menaruh Abdullah ibn Zubair di dalam kamarnya, dan beliau meminta kurma lalu mengunyahnya, kemudian beliau Shallallaahu ‘alaihi wasallam memasukkan kurma yang sudah lumat itu ke dalam mulut Abdullah bin Zubair.

Dan itu adalah makanan yang pertama kali masuk ke mulutnya melalui Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam (Rasulullah mentahniknya), dan kemudian beliaupun mendoakannya dan mendoakan keberkahan kepadanya.”

2. Aqiqah serta mencukur rambut bayi

Islam mensyariatkan penyembelihan aqiqah buat balita yang baru dilahirkan selaku wujud rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan Allah( berbentuk kelahiran balita). Serta para ulama berbeda komentar dalam menghukuminya, apakah perihal ini harus ataupun sunnah. Kebanyakan ulama, serta ini merupakan komentar yang sangat rajih, hukum aqiqah buat balita yang baru lahir merupakan sunnah muakkadah, ialah sunnah yang sangat ditekankan ataupun disarankan.

Waktu penerapan aqiqah yang sangat utama merupakan pada hari ketujuh dari kelahirannya. Bila sudah melalui, hingga pada hari ke 4 belas. Bila melalui pula, hingga pada hari ke 2 puluh satu. Bila lebih dari itu, hingga tidak tercantum dalam sisi keutamaannya, tetapi tidak kenapa.

Sebaliknya jumlah kambing sembelihan merupakan 2 kambing buat anak pria, serta seekor kambing buat anak wanita. Tetapi bila tidak sanggup, hingga satu kambing juga lumayan baik buat anak pria ataupun wanita.

3. Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran, Berikan nama yang baik serta indah

Dari Abu Dawud, dengan isnad yang shahih dari Abu Darda’, ia berkata bahwa Rasululullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan menggunakan nama-nama kalian dan dengan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian.”

Sebaiknya orangtua membagikan nama- nama yang baik kepada kanak- kanak mereka, supaya kanak- kanak jauh dari cemoohan serta ejekan. Serta jangan kurang ingat, kalau nama merupakan do’ a dari orangtua kepada anak- anaknya. Hingga berikanlah nama yang baik selaku do’ a yang baik pula buat kanak- kanak kita. Gunakanlah nama- nama Islami yang diajarkan oleh Rasulullah, serta hindari pemakaian nama- nama yang menyamai penamaan orang- orang kafir.

4. Memberikan ASI hingga 2 tahun

5. Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran, Mendoakan kebaikan serta keberkahan untuk balita dan menjauhkan diri dari memasang jimat- jimat

Haram hukumnya memasangkan kalung ataupun jimat- jimat dalam badan seseorang anak dengan alibi buat proteksi anak tersebut. Yang diperbolehkan merupakan melindungi anak dengan doa- doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallaahu‘ alaihi wa sallam.

Sunnah dikala balita lahir sendiri tidak apa bila tidak dicoba tetapi disarankan oleh para nabi. Tuntunan dari Rasulullah hingga dikala ini jadi acuan para umat muslim. Terlebih tiap orang tua mengharapkan anaknya berkembang dengan baik, bermanfaat untuk bangsa serta orang di sekitarnya. Tidak kurang ingat pula supaya anak berkembang senantiasa dekat Allah Taala.

Demikian penjelasan kami terkait Sunnah Rasulullah dalam Menyambut Kelahiran, semoga bermanfaat untuk ayah dan bunda.

Baca Juga: Aqiqah Jogja Enak dan Murah