hukum aqiqah? untukmu yang terlanjur dewasa!

ini yang perlu anda ketahui, jika anda ingin akikah saat dewasa!

Apakah Hukum akikah wajib? Bagaimana andai  sudah terlanjur dewasa?

Baca sampai berakhir  jika, segera konsultasikan kami andai  ada kamu  memerlukan informasi seputar aqiqah untuk  anak anda.

INI HUKUM AQIQAH YANG SEBENARNYA?

Hukum aqiqah anak ialah  sunnah muakkad menurut  keterangan dari  jumhur ulama. Sedangkan tata teknik  aqiqah sudah diterangkan  oleh semua  ulama dengan menurut  pada hadis Rasulullah SAW di atas.

LALU, APAKAH HUKUM AKIKAH KETIKA SUDAH DEWASA?

Apabila sewaktu kecil belum diakikahi, apakah sesudah  besar me sti diakikahkan juga? Bagaimana hukumnya andai  akikah tersebut dilaksanakan  ketika sudah  dewasa??

Pertama, akikah hukumnya sunah muakkad (ditekankan) menurut  keterangan dari  pendapat yang lebih kuat. Dan yang menemukan  perintah ialah  bapak. Karena itu, tidak wajib untuk  ibunya atau anak yang diakikahi guna  menunaikannya.

Jika Akikah belum ditunaikan, sunah akikah tidak gugur, meskipun si anak telah  balig. Apabila seorang bapak sudah dapat  untuk mengemban  akikah, maka dia disarankan  untuk menyerahkan  akikah untuk  anaknya yang belum diakikahi tersebut.

Apakah anak boleh mengfakikahi dirinya sendiri, kalau dulu belum sempet di aqiqahi bapaknya?

Ulama bertolak belakang  pendapat dalam masalah ini. Pendapat yang lebih kuat, dia disarankan  untuk mengerjakan  akikah.

baca juga: kambing aqiqah untuk anak saya yang baru lahir

Imam Ahmad ditanya mengenai  masalah ini, ia menjawab, “Itu ialah  kewajiban orang tua, dengan kata lain  tidak mesti  mengakikahi diri sendiri. Karena yang lebih cocok  sunah ialah  dibebankan untuk  orang beda  (bapak). Tetepi ada pendapat yang berbeda yaitu Imam Atha dan Hasan Al-Bashri mengatakan, “Dia boleh mengakikahi diri sendiri, karena akikah itu disarankan  untuknya, dan dia tergadaikan dengan akikahnya. Karenanya, dia disarankan  untuk melepaskan  dirinya.”

Penjelasan selanjutnya yaitu ,“Pendapat pertama yang lebih utama, yaitu disarankan  untuk mengakikahi diri sendiri. Karena akikah sunah yang paling  ditekankan. Bilamana orang tua anak tidak melaksanakannya, disyariatkan untuk mengemban  akikah tersebut andai  telah mampu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh  untuk menyerahkan  akikah untuk  anak laki-laki dua domba  dan anak wanita  dengan satu kambing. Demikian pula Tirmudzi meriwayatkan yang seperti  dari Aisyah. Dan ini tidak melulu  ditujukan untuk  bapak, sehingga merangkum  anak, ibu, atau yang lainnya, yang masih kerabat bayi tersebut.”

(Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 26:266)

baca juga : apakah kambing wajib jantan untuk aqiqah?

1 thought on “hukum aqiqah? untukmu yang terlanjur dewasa!

  1. Ping-balik: Waktu terbaik aqiqah apakah hari ke-7 | Ridho Aqiqah Jogja

Komentar ditutup.