Hikmah Dan Manfaat Aqiqah

Hikmah dan manfaat aqiqah sangat banyak baik untuk diri sendiri selaku orang tua dan anak, juga bermanfaat untuk orang lain. Aqiqah mempunyai manfaat dan hikmah diantaranya sebagai berikut:

Pertama, menurut Waliyullah ad-Dahlawi mengatakan, “pada Aqiqah terdapat berbagai kemaslahatan finansial, psikologis dan sosial. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW membiarkanya, mengerjakannya dan menganjurkan masyarakat untuk ikut melakukannya.

Baca Juga: Kambing Guling Murah di Jogja

Salah satu manfaat aqiqah adalah berlemah lembut dalam mengumumkan kabar tentang garis keturunan si bayi. Sebab, metode inilah yang paling tepat untuk dilakukan, dengan melaksanakan aqiqah secara tidak langsung mengumumkan kepada khalayak. Aqiqah juga berdampak positif untuk memupuk sikap kedermawanan dan menekan sifat kikir.

Hikmah Aqiqah untuk mengisyaratkan bahwa bayi yang baru lahir ini adalah pemeluk ajaran tauhid Ibrahim As dan Ismail As, meneladani penyembelihan putra beliau yang kemudian atas karunia Allah SWT ditebus dengan seekor domba jantan.

Kedua, Ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah kenikmatan berupa anak. Sebab, anak merupakan perhiasan dan  kenikmatan duniawi terbesar. Allah SWT berfirman: “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia.” (QS.Al-Kahfi: 46).

Baca Juga: Paket Aqiqah Termurah Syar’i Jogja

Ketiga, Aqiqah hakikatnya pembebasan dan penebusan anak seperti Allah SWT menebus Ismail As dengan seekor domba. Masyarakat jahiliyah juga melakukannya dan menamakannya Aqiqah, mereka melumurkan darah di kepala si bayi. Tapi Rasulullah mengajarkan Aqiqah tanpa melumurkan darah di kepala bayi.

Beliau menjadikannya seperti qurban seperti penebusan Nabi Ismail As dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan aqiqah diharapkan si anak diberikan keistiqomahan bertauhid dan diberi keselamatan perlindungan dari Allah SWT.

Keempat, Pengumuman dan pemberitahuan bahwa telah lahir anak dari orang tua si fulan dan dia diberi nama. Kemudian berita tersebut diketahui oleh masyarakat yang terdiri dari kerabat, tetangga dan handai taulan sehingga mereka datang memberi selamat dan mendoakan si anak.

Kelima, Dengan adanya aqiqah mensyiarkan ajaran islam kepada masyarakat dan menumbuhkan persaudaran sesama muslim dengan membagikan daging yang sudah makan kepada fakir miskin, karib kerabat dan tetangga.

Demikian manfaat dan hikmah aqiqah semoga bisa bermanfaat bagi anda serta sebagai dasar dalam melaksanakan aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *