Hewan Terbaik Dalam Pelaksanaan Aqiqah

Hewan terbaik dalam pelaksanaan Aqiqah sehat (tidak cacat, pincang),  usia 2 tahun, besar, dan gemuk.  Karena Aqiqah adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan kambing, maka pilihlah kambing yang terbaik yang sesuai dengan syarat-syarat ketentuan.

Seperti dalam hadits Ummu Kurz al-Ka’biyah Ra, Rasulullah SAW bersabda:“Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.”

Baca juga: Paket Aqiqah Murah di Jogja

Aqiqah tidak apa-apa jika dilaksanakan dengan hewan jantan atau betina. Berdasarkan hadits Ummu Kurz, “Tidak peduli kambing-kambing tersebut jantan atau betina”. 

Hewan jantan lebih baik apabila lebih gemuk dan lebih bagus. Sebab, Rasulullah SAW mengaqiqahi Hasan dan Husain dengan domba jantan. Al-Hafiz al-Iraqi mengatakan, “Nabi Shallallahu ‘alayhi wa Sallam pada aqiqah kedua cucu beliau memilih yang paling sempurna yaitu domba jantan.

Promo: Paket Aqiqah Anak Laki-laki Murah

Imam Malik berkata, “Domba adalah yang terbaik, kemudian biri-biri. Ini lebih disukai oleh Rasulullah SAW dibandingkan dengan unta dan sapi. Sebab, Rasulullah SAW mengaqiqahi Hasan dan Husein dengan kambing masing-masing satu ekor.” Pendapat inilah yang merupakan paling tepat berdasarkan  sabda dan perbuatan Rasulullah SAW.

Jadi dalam pelaksanaan Aqiqah hewan yang terbaik yaitu hewan domba atau kambing jantan  yang sehat, gemuk dan besar. Untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *