Inspirasi nama anaku yang lahir di bulan suci, dan kisah inspiratif saat itu.

Ramadhan 2015, ini ceritaku

Ketika berkata  soal Ramadhan, maka terlalu tidak sedikit  pilihan kisah  yang me sti aku ceritakan. Bukankah seluruh  sepakat bahwa terlalu tidak sedikit  cinta saat  ramadhan, saat  pahala disajikan berlipat-lipat dibanding bulan lainnya.

Ketika melakukan  amal sholeh dipermudah sebab  gembongnya syaiton diikat sekaligus Alloh sediakan balasan yang begitu banyak.

mengapa aku dilahirkan di bulan ini?

Iya,kata Ibu, aku lahir di bulan ramadhan. Nama Amanda di ambil dari kata Ramadhan.

Darimananya ? Ramadan ->Ramanda -> Amanda . begitu katanya nama aku bertransformasi. (maaf bila   maksa)

Tidak terdapat  hadits ataupun ayat qur’an yang melafalkan  bahwa anak yang lahir  di bulan Ramadhan bakal  menjadi anak yang sholih ataupun sholihah. Tapi, Aku tidak jarang  kali  merasa tersanjung menilik  bagaimana perasaan Ibu kala itu, bagaimana dadanya dikaruinai kebahagiaan yang melimpah, Ramadhan saja telah  spesial diperbanyak  lagi kelahiran putri kesatu nya. Dadaku bergemuruh menginginkan  bagaimana do’a-do’a kebajikan  untukku mengalir dari mulut ibu di bulan yang tidak sedikit  waktunya tergolong  waktu-waktu mustajab berdo’a.

Di samping  aku yang lahir  dibulan ini, terdapat  lagi urusan  yang lumayan  membanggakan bermunculan  dibulan ini. tepatnya tahun 2012 lalu, gelar S1 pun lahir hehe. Sarjana Sains. Perjuangan banget emang kalau dikenang  tentang gelar ini. Kalo diinget kayaknya nggak inginkan  lagi deh buat  skripsi. iyalah kan udah lulus. tekanannya tersebut  loh. Dibulan ramadhan tahun 2012 ada urusan  yang tidak berhenti aku mohon  di masing-masing  sahur, sujud, antara adzan dan iqomah, buka puasa, dan tidak sedikit  waktu mustajab beda  : Semoga dapat  lulus tahun ini. beneran. do’a tersebut  ngubah yang awalnya  nggak dapat  sidang jadi dapat  sidang. sebab  emang udah hopeless. nggak mohon  lagi ke dospem atau beda  lain namun  langsung sama Alloh, eh alhamdulillah dikabulin. Berharap tuh emang hanya  sama Alloh aja sih yang nggak buat  kecewa. Ramadhan tahun ini bertepatan sama pemberitahuan  atau ujian masuk kampus atau sekolah pun  kan ya, tentu  pada kian  afdhol nih berdo’anya. mari  yang pada bercita-cita   masuk kampus/sekolah manapun, tidak sedikit  banyak berdo’a ya.

mungkinkah semua ini terjadi?

Nah, Alloh aja nggak akan  ngecewain anda  kalo anda  bener bercita-cita   sama Alloh masa anda  hamba-Nya nggak inginkan  taat sama perintah Alloh. Misal puasa, Ramadhan berarti tentang di antara  rukun islam: Puasa.

Surat cinta dari Alloh ini udah jelas banget bikin  dibaca. Semoga niat berpuasa anda  benar sebab  Alloh. emang ada sebab  yang beda  ? dapat  aja ya sebab  yang beda  puasa ya anda  ikut aja. dapat  karena pengen kurus. dapat  karena emang ndak punya uang bikin  makan. Puasa ini Alloh langsung loh yang bakal  nilai ibarat skripsi yang tadi udah kita buat  mati-matian tersebut  diuji langsung sama Dosen. Kalo skripsi, lulus dapet gelat sarjana sementara  puasa tujuannya biar anda  jadi hamba yang bertakwa.

Jadi, puasa tersebut  supaya anda  jadi orang bertakwa. Yang nantinya kita akan  taat sama Alloh sebab  emang tersebut  perintahNya yang kalo anda  ninggalin maksiat pun  karena Alloh. melting ndak sih bacanya~ .

baca juga:

akhirnya??…

Pada akhirnya, anda  kembali butuh pertolongan  Alloh bikin  ngelaksanain perintahNya. Siapa yang nggak bercita-cita   lulus dari puasa di bulan Ramadhan? Semoga Ramadhan ini, anda  lahir …. sebagai insan  yang bertakwa. Aamiiin

Nah inilah  aku bagikan sejumlah  nama yang saya kira baik, untuk  anak yang lahir   di bulan ramadhan.

Qiana

bayi yang lahir ramadhan
Dalam bahasa Arab, Qiana juga dapat  diartikan sebagai berkah dari Allah SWT.

Selama bulan ini, melakukan  baik pun dapat  menjadi sumber keberkahan untuk  kehidupan. Oleh karena  itu, dengan menyerahkan  nama ini kelak dapat  menjadi doa semoga hidup si Kecil nantinya akan tidak jarang  kali  diberkahi pun  oleh Allah SWT.

Berikut misal  rangkaian nama Qiana yang dapat  dipilih:

  • • Qiana Ardhani Hasanah: anak wanita  yang menjadi berkah, suci dan hidupnya diisi  dengan kebaikan
  • • Aysha Qiana Khaliqa: anak permepuan yang soleha yang hidupnya sarat  keberkahan dari Allah SWT
  • • Qiana Bassam Naflah:mempunyai  senyum merekah laksana  bunga matahari dan di berkahi oleh allah

9. Tahira

bayi lahir di bulan ramadhan
itu artinya bersih atau suci

setelah 30 hari menjalani puasa ,kita berharap   kembali bersih dan suci ya, Ma. Nama Tahira juga  sangat sesuai  untuk diserahkan  pada anak wanita  kesayangan Mama yang bermunculan  di bulan Ramadan.

Berikut misal  rangkaian nama Tahira yang dapat  dipilih:

  • • Tahira Dafiyah Fatinah: anak wanita  bersih yang paling  bersahabat dan unik  hati
  • • Daniah Tahira Farah: anak wanita  yang sederhana, bersih dan tidak jarang  kali  riang gembira
  • • Tahira Nabilah Mufidah: anak wanita  yang kecerdasannya dapat  bermanfaat untuk  orang sekitar

10. Zahrah

anak kecil
Zahrah atau Zahra berarti putih dan indah.

Dalam bahasa Arab, Zahrah atau Zahra berarti putih dan indah. Warna ini pun tidak jarang  dikaitkan dengan bulan Ramadan sebab  seperti emblem  kesucian.

Saat Idul Fitri, pakaian warna putih juga  kerap dipilih sebagai tanda kebersihan  dan bersih dari dosa setelah mengerjakan  serangkaian ibadah. Termasuk ibadah puasa, salat tarawih, dan menunaikan  zakat.

Berikut misal  rangkaian nama Zahrah yang dapat  dipilih:

  • • Zahrah Aulia Nisa: anak wanita  yang diisi  dengan kebersihan  dan keagungan  dalam hidupnya
  • • Shakila Zahrah Khairina: anak wanita  cantik yang bersih dan penuh kebaikan  dalam menjalani hidup
  • • Zahrah Fitriyah Hasanah: anak wanita  suci dan tidak jarang  kali  dikelilingi dengan kebaikan

11. Saira

anak kecil yang baru lahir
‘saira’ dinamakan  sebagai kebahagiaan

Setelah menjalani ibadah yang khusyuk sekitar  sebulan sarat  di bulan Ramadan, semua  umat Islam bakal  merasa bahagia dan sarat  suka cita menyambut Idul Fitri.

Dalam bahasa Arab, bahagia dinamakan  sebagai ‘saira’. Nama Saira ini pun dapat  diberikan guna  anak wanita  kesayangan Mama yang bermunculan  di bulan Ramadan.

Berikut misal  rangkaian nama Saira yang dapat  dipilih:

  • • Saira Hanum Rafifa: anak wanita  calon istri berakhlak baik yang tidak jarang  kali  bersikap lembut
  • • Jamilah Saira Hanunah: anak cantik yang riang gembira dan sarat  belas kasih pada orang di sekitarnya
  • • Hasna Karimah Saira: anak wanita  yang berparas cantik dan sarat  kemuliaan

12. Ulfah

anak kecil
Sikap pemberani dalam bahasa Islam pun dinamakan  sebagai ‘ulfah’.

Dalam bulan Ramadan, anda  harus dapat  berani melawan kemauan  untuk mengerjakan  hal-hal yang tidak cukup  baik ya, Ma. Sikap pemberani dalam bahasa Islam pun dinamakan  sebagai ‘ulfah’.

Memberikan nama Ulfah guna  si Kecil pun dapat  menjadi besok  ia tumbuh menjadi sosok yang pemberani, khususnya  untuk melawan durjana  dan sikap tidak baik.

Berikut misal  rangkaian nama Ulfah yang dapat  dipilih:

  • • Ulfah Haura Ghadah: anak wanita  pemberani yang cantik, berkulit putih dan berhati lembut
  • • Ulfah Nuria Raniah: anak wanita  berani yang mendapat tuntunan  cahaya dari Tuhan dan tidak jarang  kali  mempesona
  • • Fairuz Ulfah Iftikhar: anak wanita  permata yang pemberani dan menjadi kehormatan  hati  orang tua

13. Nawal

anak lahir
Nawal memiliki makna  hadiah

Dari bahasa Arab, Nawal memiliki makna  hadiah. Untuk  umat Islam, bulan Ramadan ialah  hadiah yang paling  berarti. Oleh karena  itu, menyerahkan  nama Nawal juga  sangat sesuai  untuk anak wanita  kesayangan Mama.

Berikut misal  rangkaian nama Nawal yang dapat  dipilih:

  • • Nawal Inayah Halwah: anak wanita  manis hadiah dari Tuhan yang menjadi sosok pelindung
  • • Raqiqah Nawal Sakhi: anak berhati lemah lembut dan murah hati yang menjadi hadiah dari Tuhan
  • • Nawal Izzah Hazimah: anak wanita  penuh keagungan  dan tidak jarang  kali  cermat

14. Zoya

anak kecil imut
Zoya berarti peduli dan menyenangkan.

Dalam bahasa Islami, Zoya berarti peduli dan menyenangkan. Kedua sifat ini paling  baik guna  selalu dilaksanakan  di bulan Ramadan. Selain dapat  membantu sesama, sifat ini pun  dapat menyerahkan  pahala besar.

Berikut misal  rangkaian nama Zoya yang dapat  dipilih:

  • • Zoya Daimah Jihan: anak wanita  yang tidak jarang  kali  peduli dan terhormat
  • • Kaia Zoya Kalifa: anak wanita  cantik dan tidak jarang  kali  dicintai, serta peduli dengan orang di sekitarnya
  • • Zoya Karimah Aziza: anak wanita  yang peduli pada orang lain, serta di anggap  mulia

15. Rahmi

syukuran aqiqah, acara syukuran aqiqah anak
Rahmi dalam bahasa Islami berarti kasih sayang

Rahmi dalam bahasa Islami berarti kasih sayang, suatu  sifat yang pun  identik dengan bulan Ramadan. Selama menjalani ibadah di bulan suci ini, kita pun  harus dapat  selalu peduli dengan orang di sekitar.

Penuhi kegiatan  sehari-hari dengan mencurahkan  kasih sayang pada family  dan kawan  tercinta. Dengan begitu, pahala yang didapat juga  nantinya bakal  terus meningkat  banyak.

Berikut misal  rangkaian nama Rahmi yang dapat  dipilih:

  • • Kharunnisa Rahmi Basamah: anak wanita  yang sarat  kasih sayang dan murah senyum
  • • Alimah Rahmi Amira: seorang putri yang lemah lembut serta sarat  kasih sayang
  • • Lubna Rahmi Mahirah: anak wanita  yang cerdas, sarat  kasih sayang

baca juga:

Nama Menjadi Hiasan Bagi Pemiliknya, Menjadi Wadah, Syiar dan Julukan Baginya, Baik di Dunia Maupun di Akhirat

img_20170119_154911

Hal dalam pemberian nama ini disebutkan oleh Rasulullah SAW

  1. Nama adalah julukan

Abu Darda yang dikutip dan dijadikan landasan oleh Imam An-Nawawi sebagai anjuran. An-Nawawi memasukkan hadits di bawah ini dalam bab Istiḥbāb Tahsīnil Ism (anjuran memperindah nama atau memberi nama yang baik) dalam salah satu bab di Al-Adzkarun Nawawi.

, “Dari Abu Darda Ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sungguh kalian semua akan dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kalian dan nama-nama ayah kalian. Maka dari itu, perbaguslah nama-nama kalian,’” (Lihat Muhyiddin Abu Zakariya An-Nawawi, Al-Adzkarun Nawawi, [Beirut: Dar Kutub: 2004], halaman 411).

  1. Memberikan nama merupakan syarat sahnya Aqiqah

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)\

Kapan waktu yang baik untuk memberikan nama pada bayi?

Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah dalam kitabnya Tasmiyatul Mawlud mengatakan, “Terdapat dalam sunnah Nabi shalllallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pemberian nama itu ada tiga waktu:

  1. Di hari kelahiran,
  2. Sampai hari ketiga dari hari kelahiran,
  3. Di hari ketujuh dari kelahiran,

Berikut nama bayi laki-laki memiliki makna yang baik

1. Ghibran

Ghibran merupakan rekomendasi nama bayi laki-laki selanjutnya. Ghibran atau Gibran berasal dari bahasa Arab yang artinya yang paling pandai, yang memulihkan, membetulkan atau menyatukan secara harmonis.

Berikut rangkaian nama Gibran dan artinya:

  • Ghibran Naufal Rizalyang artinya anak laki-laki yang baik hati, dermawan, tampan dan selalu diberkati hingga mampu menyatukan secara harmonis
  • Ghibran Arfan Alhusaynyang artinya anak laki-laki yang cerdas, tampan dan dapat menyatukan keluarga agar harmonis
  • Gibran Raqqilla Firazyang artinya anak laki-laki yang berpikiran tajam, selalu berbuat kebajikan dan dapat menyatukan keluarga agar harmonis

2. Haidar

Selanjutnya adalah Haidar. Nama yang satu ini juga ada di dalam Alquran, yang artinya pemberani. Jika Mama ingin si Kecil menjadi anak yang pemberani, selipkan nama Haidar ya, Ma.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Haidar Zhafran Abrisamyang artinya anak laki-laki tampan yang beruntung memiliki keberanian untuk mencari kemenangan sejati
  • Haidar Ghaffar Susendrayang artinya anak laki-laki pemberani yang dilahirkan bersih dengan memiliki kelembutan didalam hatinya
  • Haidar Izadin Narain yang artinya anak laki-laki pemberani yang selalu rela berkorban untuk melindungi banyak orang

3. Irsyad

Irsyad memiliki arti petunjuk. Nama ini berasal dari bahasa Arab dan bisa disematkan pada awal, tengah, maupun akhir dari rangkaian nama si Kecil.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Irsyad Mauza Alhenayang artinya anak laki-laki yang menjadi petunjuk bintang serta memiliki sifat yang bijaksana dan cerdik
  • Haytham Irsyad Nashsharyang artinya anak laki-laki yang kuat seperti elang muda, menjadi petunjuk dan selalu menolong orang lain didalam hidupnya
  • Irsyad Mekka Evanoyang artinya anak laki-laki yang menjadi petunjuk atas kota suci Mekah sebagi anugerah Tuhan yang paling indah

4. Jabir

Jabir artinya menggantikan yang hilang dalam bahasa Arab. Nama yang satu ini juga terdapat di dalam Alquran.
Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Jabir Zhafran Muhammadyang artinya anak laki-laki beruntung sebagai doa dari pengganti yang hilang
  • Jabir Kinaan Muhammadyang artinya laki-laki kuat yang menjadi doa dari pengganti yang hilang
  • Jabir Keisa Shafwaanyang artinya anak laki-laki baik yang diciptakan sebagai pengganti yang hilang

5. Khayri

Nama yang berasal dari bahasa Arab ini memiliki arti murah hati. Jika Mama ingin agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang murah hati, maka sematkanlah Khayri pada rangkaian namanya.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Khayri Kinaan Aufa yang artinya seorang laki-laki yang kuat seperti panah, murah hati, dan setia
  • Syazani Khayri Shaquilyang artinya seorang laki-laki tampan yang memiliki kecerdasan dan baik hatinya
  • Khayri Hafidz Rivandrayang artinya anak laki-laki yang memiliki kekuatan matahari, murah hati, dan kelak menjadi seorang penjaga yang baik

6. Sulthan

Nama Islami selanjutnya adalah Sulthan. Nama yang satu ini berarti memiliki kekuasaan atau bukti yang kuat.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Sulthan Syahir Mahasinyang artinya anak laki-laki yang memiliki kekuasaan dan dikenali banyak orang karena ketampanannya
  • Sulthan Raffasa Alfarezi yang artinya anak laki-laki yang berkedudukan tinggi, berkuasa dan selalu semangat dalam bekerja
  • Sulthan Asyam Vityayang artinya anak laki-laki yang akan menjadi pemimpin mulia dan berkuasa dengan menaklukan berbagai rintangan

7. Wafi

Rekomendasi nama bayi laki-laki terakhir adalah Wafi. Nama dari bahasa Arab ini memiliki arti sempurna atau yakin.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Wafi Alwaritzi Syahyang artinya ciptaan Tuhan paling sempurna karena kebenarannya dan warisannya
  • Wafi Muzakki Ishak yang artinya anak laki-laki keturunan Nabi kesembilan yang sempurna dan selalu mengeluarkan zakat
  • Wafi Rafan Asadel yang artinya anak laki-laki yang berwajah tampan, sempurna, dan ramah kelak dengan keyakinannya menjadi seorang yang makmur

8. Akmal

Nama Akmal memiliki arti sempurna atau sangat pandai. Ini adalah salah satu doa dan harapan yang paling banyak dikirimkan dari orangtua untuk anaknya. Diharapkan anak bisa hidup sejahtera di masa mendatang.

9. Fauzan

Fauzan memiliki arti kejayaan. Arti nama Fauzan sama pula dengan Fauzi. Kedua nama bayi laki-laki islam ini bisa menjadi pilihan untuk menamai si Kecil.

 

10. Aulian

Rekomendasi nama bayi laki-laki dalam Alquran pertama adalah Aulian. Nama Aulian berasal dari bahasa Arab yang artinya pemimpin, semangat, malaikat, atau teman.

Nama ini merupakan bentuk lain dari Aulia.

Berikut ini beberapa referensi rangkaian nama beserta artinya:

  • Aulian Basira Ghaydayang artinya pemimpin laki-laki berparas tampan dan menggunakan kecerdasannya dengan bijaksana
  • Aulian Awwab Irawanyang artinya pemimpin yang taat kepada Tuhan dan gemar akan kemasyhuran dan kebajikan

Azzam Aulian Putra yang artinya pemimpin laki-laki Muslim yang agung dan memiliki kebulatan tekad