Cara menjaga kesehatan ibu yang menyusui dimasa pandemi.

cara menyusui bayi di masa pandemi
pict by: iStockphoto

Adanya pandemi covid-19 ini memang sedikit mengkhawatirkan ya. Terutama bagi bunda yang habis melahirkan. Memang yang paling penting adalah menjaga ibu dan dedek kecil agar tatap sehat. Tetapi menjaga agar tatap sehat harus sehat ke dua duanya ya bunda. Maksudnya apa nih? Ini lho Sehat secara fisik dan psikis bunda.

Cara menjaga kesehatan ibu saat menyusui

Bisa beraktifitas seperti biasa dan terlihat bugar memang menjadi hal yang sangat diinginkan bagi para ibu yang sedang menyusui.

Untuk itu para bunda bisa mengikuti beberapa tips dan cara agar tetap sehat saat menyusui. Sehingga bisa tetap bisa beraktifitas seperti biasa dan juga tetap terlihat fit. Selain menjaga pola hidup yang sehat, ada beberapa tips dan cara lain yang bisa dilakukan oleh para ibu yang menyusui agar terlihat segar tanpa mengganggu kegiatan menysui bayi. ASI merupakan salah satu sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh bayi sehingga ibu harus bisa memberikan ASI yang terbaik meski saat mereka melakukan program kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diikuti dan lakukan untuk menjaga kesehatan selama  menyusui.

1.    Jangan sampai malas makan dan cobalah untuk mengatur makan secara teratur seperti misalnya makan tepat waktu 3 kali sehari. Usahakan untuk rutin dan disiplin untuk sarapan, makan siang dan juga makan malam. Apalagi pada masa pandemi ini. Pokoknya harus makanannya harus yang bernilai gizi ya bunda. Ngak harus makanan yang mahal kok. Justru makanan dan sayuran yang segar bisa di dapat dengan mudah lho. Kalau kamu berada di indonesia.

2.    Minum air mineral atau air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3.    Sebisa mungkin untuk mengurangai atau bahkan menghindari konsumsi kafein yang bisa berasal dari kopi, the atau juga kola.

4.    Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula yang tinggi karena nantinya dapat menimbulkan kegemukan pada ibu yang sedang menyusui.

5.    Hindari program diet yang berlebihan karena pada dasarnya menyusui adalah salah satu program diet yang alami.

6.    Pastikan jika anda memiliki waktu tidur yang cukup karena kurang tidur akan mengganggu produksi ASI. Manfaatkan waktu uang anda dengan beristirahat dan tidur yang cukup.

7.    Konsumsi dengan cukup akan buah-buahan dan sayuran untuk mencukup kebutuhan vitamin dan juga serat.

8.    Ibu yang sedang menyusui juga bisa dibantu dengan suplemen tambahan agar tetap sehat dan dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang mungkin terlewat.

9.    jika bunda ada keluhan sakit atau merasa ndak enk badan. Bunda harus segera antisipasi nih. Bunda harus menggunakan masker Saat berada dekat dengan si kecil. Apabila bunda mengalami gejala sakit tenggorokan, pilek, dan flu atau yang lainya. Segera ambil langkah  bijak yan bunda.

Jadi, agar tetap sehat selama menyusui ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan selama anda bisa membiasakan pola hidup yang sehat.

Dimasa pendemi ini banyak lho orang baik yang siap membantu pertanyaan atau curhatan bunda mengenai gejala covid-19 dan lainya. Caranya gimana bunda, ampag kok bunda bisa menghubungi layanan ini bunda. dokter spesialis yang akan membantu bunda.

Selamat mencoba semoga buda dan si kecil serta keluarga selalu diberikan kesehatan oleh tuhan yang maha kuasa ya.

Terimakasih.

ridho aqiqah

baca juga:

rekomendasi buah untuk ibu yang menyusui

contoh dan cara memilih makanan yang baik dan bergizi